Selasa, 31 Agustus 2010

HARDBALL : PLAYING TO PLAY OR PLAYING TO WIN

Pada sepuluh tahun belakangan ini, persaingan bisnis cukup sengit dan keuntungan jangka pendek tidak akan cukup bagi perusahaan untuk berkembang. Perusahaan saat ini membutuhkan lebih dari sebuah persaingan dan untuk memenangkan persaingan dibutuhkan relentless strategic excecution dan HARDBALL mindset.

Jangan terlalu dipikirkan berasal dari mana suatu ide itu bergulir, intinya adalah eksekusi. Jika disuatu perusahaan ditemukan masalah kecil dan dikompromikan dengan cutomer, hal ini jangan sampai terjadi, temukan masalahnya dan remove dia segera. Jangan mentolerir suatu kegagalan, kesempatan hanya datang sekali dan pastikan bahwa semua perencanaan dan budget harus sudah kelar sehingga bisa membantu customer dan melukai pesaing.

Lima prisip Hardball

Hari ini ada dua jenis persaingan bisnis yang ekstrim yaitu Softball palying dan hardball playing. Perusahaan dapat memerankan softball dengan mengandalkan taktik untuk memutupi kelemahan peruhaan dalam rangka mempertahankan perusahaan. Dilain pihak perusahaan bisa memankan hardball yang merancang strategi tidak hanya mengalahkan pesaing tetapi juga mengusir pesaing. Manakah hari ini perusahaan yang memainkan pola hardball ? strategi apa yang digunakan untuk memenanginya ? dan apa yang akan diambil dan diadobsi oleh perusahaan untuk melaksanakan startegi tersebut ?

1. Hardball player fous relentlessly oncompetitive advantage
Keunggulan kompetitif merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh perusahaan karena dialah yang akan membedakan dengan pesaing. Perusahaan jangan berpuasdiri pada keunggulan kompetitif hari ini, tetapi harus seantiasa melakukan perusahan-perubahan sehingga pesaing akan kewalahan dengan gerakan liar kita. So Hardball tidak berpuas diri dengan keunggulan hari ini, tetapi menginginkan besok juga.
2. Hardball competitor strives to convert competitive advantage into decisive advantage
Hardball player memposisikan didrinya diluar radar pesaing dalam rangka menentukan keunggulan kompetitifnya. Semakin keras kita lakukan maka akan semakin mengguncang pesaing kita sehingga pesaing kita terlempar dari persaingan.

3. Hardball player employee the indirect attack
Manakala perusahaan melakukan serangn langsung, apakah ini yang diharapkan oleh pesaing dan persiapan untuk hal tersebut ? Penyerang berharap sumber kekuatan utama dan kegigigahan akan membawa mereka pada tujuan tersebut. Serangan tidak langsung artinya bahwa kita akan mengejutkan pesaing kita dengan tindakan yang kita lakukan sehingga mereka tidak mengira kalau ternyata hal ini meruntuhkan pertahanan mereka.

4. Hardball player exploit their employee will to win
Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, karyawan harus action oriented dan harus selalu sabar dengan status quo. Untuk memenangkannya softball player harus ditransformasikan kedalam hardball player akan tetapi pada saat keunggulan kompetitif perusahaan sedang tumbuh kita harus memaksimalkan ekploitasi karyawan untuk memenangkannya.

5. Hardball players draw a bright line at the edge of the caution zone
Hardball player maksudnya dalah pada saat anda memasuki "cution zone" anda harus sadar bahwa area tersebut adalah masih sangat memungkinkan yang terletak anatara masayarkat yang mengatakan bahwa anada bisa memainkan bisnis disini dengan masayarakat yang mengatakan bahwa anda tidak memainkan bisnis diarea ini.
Secara umum, hardball tidak mensyaratkan untuk memasuki "caution zone". Pemimpin pasar bertanggungjawab untuk membuat bright line dan setiap orang tahu kapan akan menutupnya. Namun demikian kalaulah hardball player memasuki "caution zone" maka perusahaan harus lebih keras lagi untuk lebihperhatian. Setiap pergerakan harus dievaluasi dengan pertanyaan berikut :
- Akankah usulan tindakan tersebut melanggar hukum ?
- Akankah usulan tindakan tersebut jadi lebih buruk dimata customer ?
- Akankah tindakan tersbut membuat pesaing terusik ?
- Akankah tindakan tersbut berakibat fatal bagi kelompok dan akan merusak perusahaan ?
- Akankah tindakan tersebut merugikan masyarakat atau perusahaan ?

Jika jawaban dari pertanyaan tersebut "Ya" maka perusahaan haurs masuk untuk berbeprang dalam caution zone dan pemimpin harus secepatnya mengambil tindakan korektif. Oleh karenanya dibutuhkan strategi untuk memenanginya, apa itu (bersambung.......)