Kamis, 18 Februari 2010

Bagaimana Menjual Lebih Banyak dan Lebih Cepat ?

Dalam teori ekonomi klasik disebutkan bahwa apabila barang yang akan kita produksi banyak pasti dengan sendirinya akan tercipta permintaan atau dalam hukum say dikatakan supply creates its own demand. Benarkah seperti itu ? Ada betulnya, tetapi tidak semua bisa seperti itu.


Dalam ilmu marketing, untuk menjual barang dibutuhkan strategy supaya barang yang akan kita jual laku keras. Kalau barang yang kita produksi banyak tetapi tidak tahu bagimana cara menjual yang baik maka hukum diatas tidak berlaku. Yang kita butuhkan disini bukan hanya bagaimana memproduksi barang dengan jumlah banyak dan terjual tetapi bagaimana kita bisa menjual lebih banyak dan lebih cepat.


Lalu bagaimana caranya bisa menjual dengan jumlah yang banyak dan cepat lagi ? Berikut saya sarikan dari berbagai sumber :
1. Berikan Batas Waktu

Misalnya kita akan memberikan diskon 20 % kepada konsumen, maka kita bisa memberikannya batas waktu sebelum tanggal 15. Cara seperti ini bisa diyakini mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.


2. Berikan Bonus
Nah supaya menarik konsumen untuk lebih cepat melakan pembelian berikan bonus. Misalnya dengan membeli rumah tipe 70 akan mendapatkan TV flate 21'.atau dengan membeli produk ini, akan mendapatkan bonus jam tangan senilai 1 jt.


3. Berikan Garansi
Untuk membuktikan bahwa produk yang anda jual itu berkualitas dan menjanjikan keuntungan yang cepat, maka kita bisa memberikan garansi. Misalnya money back guarantee atau kami memberikan jaminan jika anda bergabung dengan kami dalan dalam waktu 6 bulan belum pulang modal, maka akan kami kembalikan seluruh investasi anda.



4. Berikan Hak Eklusif
Untuk mempercepat perkembangan usaha, kita bisa melakukan kerjasama dengan memberikan hak esklusive kepada mitra. Misalnya diberikan kesempatan untuk menjadi agent di suatu wilayah, yang mana semua penjualan produk untuk wilayah tertentu menjadi hak eskluive.

5. Tampilkan Testimoni
Testimoni merupakan cuplikan dari beberapa orang yang telahmenggukan produk/jasa kita. Dengan menampilkan testimoni akn menambah kepercayaan calon kosumen kita sehingga mereka melakukan pembelian. Testimoni sebaiknya memuat nama dan lokasi yang melakukan testimoni

6. Best Servive
Jaman sekarang ini, konsumen tidak hanya memperhatikan kualitas produk tetapi juga kualitas layanan, maka berikanlah layanan yang paling baik untuk konsumen anda. Ini akan menambah kepercayaan konsumen terhadap produk kita dan tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk kita.


7. Gunakan Seluruh Saluran Komunikasi
Untuk menunjang kegiatan promosi produk kita, maka kita harus menggunakan seluruh mdia komunikasi untuk melancarkan berbagai promosi yang kita lakukan. Misalanya lewat TV, Radio, Internet (buat blog, facebook, twitter dll), pamlet, brosur dll. Nah kalau misalnya anda gak cukup dana untuk promosi, gunakan trik promosi (baca : promosi jitu dan gratis )

8. Perbaharui Produk Kita Secara Kontinyu
Untuk bisa mempertahankan produk kita, maka kita harus melakukan perbaikan-perbaikan ato inovasi terhadap produk kita. Ini akan menyempurnakan produk kita(baca : PLC).

Nah sekarang selamat mencoba jurus-jurus maut tersebut, semoga berhasil. Kalau berhasil kasih tahu ya....

Tidak ada komentar: