Kamis, 11 Februari 2010

Building and Managing Brand Equity ( Part 2 )

Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana membangun dan mengelola brand equity ? sebagaimana yang saya bahas dalam postingan sebelumnya bahwa brand equity merupakan intangible asset sebuah perusahaan, membangun band equity ini bukan perkara yang mudah tapi tentunya bukan sesuatu hal yang mustahil untuk kita lakukan.


Menurut Peter H. Farquhar dalam makalah yang berjudul Managing Brand Equity setidaknya ada tiga langkah yang harus kita lakukan untuk membangun brand yang kuat sehingga menciptakan brand equity yaitu :
  1. Introduction, perkenalkan kepada konsumen bahwa produk kita berkualitas dengan stratgy menggunakan merek sebagai platform untuk meluncurkan produk dimasa yang akan datang. Jika konsumen mempunyai penilaian yang positif terhadap produk kita, maka memberikan citra yang bagus bagi merek.
  2. Elaboration, buat merek yang mudah dingat, sehingga akan memudahkan konsumen untuk mengingatnya
  3. Fortification,  Merek harus membawa citra yang konsisten dari waktu kewaktu untuk memperkuat posisinya dibenak konsumen dan mengembangkan hubungan yang special dengan customer. Brand Extention akan membentengi merek tetapi untuk produk-produk yang ada kaitannya.
Butuh usaha yang lebih keras supaya hasilnya lebih terasa (kayak makan cabe aja.....terasa pedasnya...hehehe).

Pada posting berikutnya akan saya paparkan beberapa strategy yang digunakan oleh perusahaan berkenaan dengan membangun merek terutama untuk multiple brand. Simak kelanjutanya...???

 

1 komentar:

Rhiery ArtahC mengatakan...

Great Mz...
Dtunggu bOcorAn ArtikeL bERikudt nyah. !!!
Lanjudtkan Mz..
hoho