Selasa, 09 Februari 2010

Brand Equity (part 1)

Apalah arti sebuah nama, begitulah mungkin sebagian orang mengatakan tetapi tanpa nama kita tidak akan bisa mengatahui siapakah orang itu. Begitu juga dengan merek,  Merek atau brand merupakan komponen penting dari sebuah produk karena dari merek kita akan mengetahui produk apakah itu. Ketika kita akan mengembangkan produk baru, merek merupakan keputusan penting yang harus diambil. Dengan merek akan dapat menambah nilai yang signifikan apabila telah terkenal dengan baik oleh konsumen dan memiliki positioning yang bagus dibenak konsumen. Konsep inilah yang disebut dengan brand equity.

Apakah Brand Equity ?

Brand equity merupakan aset yang tidak terlihat atau dalam bahasa kerennya intangible asset yang mempunyai nilai bagus dimata konsumen. Lalau bagaimana kita bisa melihat brand equity ini, setidaknya ada tiga persepektif untuk bisa mengetahuinya :

  1. Financial, salah satu untuk mengukur tingkat brand equity dari suatu produk adalah kemampuan konsumen dalam membayar suatu produk branded dengan harga premium. Sebagai contoh, seorang konsumen sanggup untuk membeli televisi flat dengan harga $ 3000 dibandingkan dengan membeli barang yang sama tetapi mereknya entah berantah walaupun harganya murah.
  2. Brand Extention, Apabila brand equity dari suatu produk sudah bagus dimata konsumen, maka perusahaan akan lebih mudah untuk meluncurkan produk-produk terkait. Apa manfaat dari brand extention ini ? jika brand equity sudah bagus maka kita akan mudah untuk meluncurkan produk baru dengan memanfaatkan brand yang sudah ada sehingga akan mengurangi biaya promosi dan resiko yang lebih rendah dari perspektif konsumen. Contohnya Toyota akan mengeluarkan produkbaru, dengan memanfaatkan brand image Toyota maka akan mempermudah penerimaan konsumen akan produk baru tersebut.
  3. Consumer Based, Kekuatan merek akan dapat meningkatkan sikap konsumen terhadap produk tersebut. Rasa kepemilikan yang tinggi ini bisa dilakukan berdasarkan pengalaman konsumen dalam menggunakan produk sehingga akan menjadikan konsumen loyal terhadap merek tersebut.
Apa keuntungan yang kita dapat dari brand equity ini ? Berikut adalah manfaat yang akan kita terima dari brand equity ini :
  • Kita bisa memprediksi tingkat keuntungan
  • Meningkatkan Cash Flow, hal ini bisa tercermin dari market share, penurunan biaya promosi dan premium pring
  • Brand equity merupakansebuah asset yang dapat dijual atau disewakan
Bagaimanapun brand equity tidakselalu memberikan nilai yang positive bagi perusahaan. Kadang-kadang brand equity dari sebuah produk tersbu tidak bagus sehingga menciptakan negativr brand equity. Negative brand equity ini bisa kita lihat dengan melakukan survey konsumen sebagai indikatornya dan biasanya pemberian diskon adalah jalan yang bisa dilakukan oleh perusahaan dengan menempatkan produk kita menjadi generic product





                                                                             

So, apa yang bisa kita lakukan untuk membangun dan memelihara brand equity ini ?? (simak kelanjutannya ?

Tidak ada komentar: